custom writing help
Dispar Gianyar Laksanakan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Pokdarwis - Manggala OnlineManggala Online

Dispar Gianyar Laksanakan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Pokdarwis

DFSK Bali Perkenalkan GELORA Mini Bus dan Blind Van Lebih Luas, Lebih Nyaman dan Lebih Kuat
November 14, 2020
Gubernur Koster Bakal Kembangkan UKM dan Koperasi
November 14, 2020

Dispar Gianyar Laksanakan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Pokdarwis

Gianyar(Manggalaonline)-Dalam meningkatkan profesionalitas para pengelola desa wisata di Kabupaten Gianyar, Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi bagi anggota kelompok sadar wisata(Pokdarwis) se Kabupaten Gianyar, yang bekerja sama dengan Monarch Bali, Gianyar. Pada Agustus 2020, telah dilaksanakan pelatihan berbasis kopetensi bidang kuliner, dan tanggal 11-13 Nopember 2020 dilaksanakan pelatihan berbasis kompetensi bidang House Keeping.

Kepala Dinas Pariwisata AA Gde Putrawan mengatakan, pihaknya ingin menuntaskan keterampilan bagi para pengelola destinasi wisata, khususnya bagi para pengelola desa wsata.

Peningkatan keterampilan ini sangat penting mengingat, setiap wisatawan yang datang ke destinasi wisata, harus mendapatkan pelayanan yang baik sehingga wisatawan merasa betah dan nyaman.

Katanya, desa wisata merupakan destinasi wisata dengan daya tarik koletivitas, membutuhkan berbagai keterampilan bagi pengelolanya. Dengan demikian, desa wisata benar-benar layak dikunjungi. Dan, para wisatawan yang berkunjung ke desa wisata bisa mendapatkan pelayanan sesuai standar pelayanan internasional. “Karena itu, para pengelola desa wisata perlu memiliki kompetensi,” katanya.

Pelatihan berbasis kompetensi tersebut merupakan kerja sama Disparda Gianyar dengan Monarch Bali, Gianyar. Di mana, Monarch Bali Gianyar salah satu lembaga pendidikan kepariwisataan yang memiliki lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), untuk melakukan pengujian dan mengambilan bukti-bukti  kompetensi bagi calon pemohon sertifikat kompetensi di bidang pariwisata.

Pelatihan berbasis kompensi dilaksanakan dengan memberikan materi pelatihan sebelum dilakukan pengujian kompensi, sesuai bidang yang akan diuji. Di samping itu, juga diberikan materi lain terkait yang tentunya menunjang layanan bidang pariwisata.

Pada pelatihan berbasis kompetenisi, di hari ke tiga peserta diajak praktek table maneer(etika makan bersama) di aula Rama Sita, Hotel Ina Grand Bali Beach, Sanur, Jumat(13/11). Peserta juga diajak mengunjungi berbagai jenis ruang hotel sesuai kelas.Dan meninjau restoran, dapur, dan lingkungan Hotel Ina Grand Bali Beach.

Pada tanggal 18-20 Nopember 2020, juga akan dilaksanakan pelatihan berbasis kompetensi bidang front office bagi peserta yang dilatih sebelumnya. (wir).   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *