custom writing help
Dua Anggota Fraksi PDIP DPRD Gianyar Panen Demplot Padi - Manggala OnlineManggala Online

Dua Anggota Fraksi PDIP DPRD Gianyar Panen Demplot Padi

Saling Menjaga Bersama BMW Astra
October 20, 2020
Bupati Suwirta Terima Bantuan APD dari Anggota Komisi III DPD RI Anak Agung Gde Agung
October 20, 2020

Dua Anggota Fraksi PDIP DPRD Gianyar Panen Demplot Padi

Gianyar(Manggalaonline)-Dua anggota Fraksi PDIP DPRD Gianyar Dapil Payangan-Tegallalang I Wayan Suartana dan I Nyoman Kandel panen Demplot padi di Subak Tegallampit, Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Gianyar, Selasa(20/10).

Kegiatan itu juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian Gianyar I Made Raka, dan sejumlah Penyuluh Petani Lapangan(PPL) Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Payangan.

Pekaseh Tegallampit I Made Gandra mengatakan, sebagai petani pihaknya mendukung program pemeritah, khususnya Dinas Pertanian Gianyar untuk melaksanakan Demplot. Melalui  Demplot mampu meningkatkan produksi padi.

Terbukti hasil panen Demplot sekarang ini mampu meningkatkan produksi rata-rata 1 ton gabah kering panen (GKP) per ha. Sebelumnya hanya 7 ton GKP, dengan Demplot mampu berproduksi  8,05 ton GKP per ha. “Ada peningkatan produksi rata-rata 10 kg GKP per are, atau 1 ton per ha,” ujarnya.

Katanya, Demplo yang dilaksanakan mendapat support dari pemerintah berupa benih Chiherang  gratis,  subsidi pupuk dan pestisida. “Kami melaksanakan Demplot agar anggota subak kami mau mengikuti teknologi budidaya padi yang tepat guna, dengan hasil yang nyata meningkat,” ujarnya.

Ketua Komisi II DPRD Gianyar I Wayan Suartana mengungkapkan, pihaknya mendorong petani untuk terus meningkatkan produksi. Terlebih padi, sebagai bahan pangan pokok masyarakat, mesti selalu tersedia yang cukup.

Suartana mengharapkan, teknologi demplot bisa mengimbas kepada petani lainnya.  Terlebih di masa pandemi sekarang ini,  Pihaknya sebagai Ketua Komisi yang membidangi pertanian, selalu berkoordinasi dengan subak tentang persoalan yang dihadapi petani. Sebagai wakil rakyat yang sebagian esar petani, pihaknya siap memperjuangkan aspirasi petani.

Menurutnnya, di masa pandemi sekarang ini diharapkan, masyarakat khususnya generasi muda mau melirik sebagai petani. “Saya salut kepada generasi muda sebelumnya bekrja di sektor pariwisata, sekarang ini sudah banyak yang ikut bertani,” ungkapnya.

Katanya, DPRD Gianyar selalu mendukung program pemerintah memajukan pertanian. Hal ini ditandai dengan menetapkkan Perda Inisiatif DPRD yakni Perda Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan(LP2B). Perda ini untuk menekan lahan pertanian khususnya sawah dari ancaman alih fungsi.”Melalui Perda LP2B ini kami harapkan sawah di Gianyar tetap lestari,” katanya.

Hal senada diungkapkan I Nyoman Kandel. Menurut Kandel Kecamatan Payangan merupakan potensial kawasan pertanian. Karenanya, pihaknya mendorong para petani untuk selalu berinovasi mengikuti teknologi pertanian. Untuk ini pihaknya terus mendorong Dinas Pertanian agar terus meningkatkan Demplot, sehingga para petani semakin terbuka menerima kemajuan  teknologi pertanian. “Kami harapkan Dinas Pertaian semakin banyak melaksanakan Demplot. Demplot ini bisa menjadi contoh bagi petani lainnya,” harapnya.

Menurutnya, pertanian memliki posisi yang sangat strategis, karena menyangkut urusan pangan masyarakat. Karena itu, pihaknya selalu siap memfasilitasi permasalahan yang dihadapi para petani. Dan mendukung program pemerintah yang digelontor untuk petani.

Di samping itu, Kandel mengharapkan, Dinas Pertanian dan jajarannya selalu mendampingi dan mengarahkan petani agar semakin produktif.

Ke depan, di harapkan pula Dinas Pertanian mendorong lebih banyak Demplot padi organik. Karena, selain mampu menghasilkan pangan yang sehat, juga mampu memperbaiki struktur lahan pertanian dan menjaga ekosistem lahan sawah.

Kepala Dinas Pertanian I Made Raka mengatakan, tahun 2020 Dinas Pertanian Gianyar melaksanakan Demplot sebanyak 25 ha tersebar di tujuh kecamatan. Tiap Demplot menerima subsidi pupuk, benih 25 kg varietas  Chiherang dan pestisida.

Di samping itu, juga dilaksanakan Demplot di enam subak dengan benih Cigelis dari Balai Benih Utama, Tolikup, Gianyar.(wir).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *