custom writing help
Fraksi DPRD Gianyar Apresiai Kinerja Bupati Mahayastra dengan Pantun dan Sajak - Manggala OnlineManggala Online

Fraksi DPRD Gianyar Apresiai Kinerja Bupati Mahayastra dengan Pantun dan Sajak

Suwirta Support Pembangunan Jalan Subak Gombeng dan Tinjau Pamsimas Desa Nyalian
October 14, 2020
Ketua DPR RI Puan Maharani Kunjungi Kerajinan Tenun Cagcag dan Perak di Gianyar
October 19, 2020

Fraksi DPRD Gianyar Apresiai Kinerja Bupati Mahayastra dengan Pantun dan Sajak

Gianyar(Manggalaonline)-Sidang Paripurna DPRD Gianyar, Rabu (14/10), menghadirkan suasana berbeda dan penuh  kehangatan dibandingkan dengan sidang serupa sebelumnya. Sidang Paripurna yang mengagendakan Pemandangan Umum Fraksi Terkait Penyampaian Pengantar Nota Keuangan RAPBD Kabupaten Gianyar Tahun 2021 oleh Bupati Gianyar I Made Mahayastra, di Gedung DPRD Gianyar, Senin (12/10).Pada sidang ini, Bupati Gianyar I Made Mahayastra panen apresiasi dari fraksi-fraksi, yang disampaikan dengan berpantun dan sajak.

Empat fraksi di DPRD Gianyar mengapresasi positif kinerja Bupati Mahayastra. Apresiasai itu mulai dari soal kesiapsiagaan penanganan Covid-19, pelaksanaan program pembangunan meski di tengah pandemi, penyelamatan ekonomi masyarakat dengan bantuan sembako, stimulus untuk usaha mikro dan kecil. 

Tak hanya dukungan positif atas kinerja Pemkab Gianyar di tengah serangan wabah ini, Bupati Mahayastra juga mendapatkan dukungan agar kembali maju mencalonkan diri sebagai Bupati Gianyar setelah masa jabatan dua periode nanti.  

Menariknya, tiga fraksi dari empat fraksi di DPRD Gianyar menyampaikan kekaguman dan dukungan terhadap kinerja Bupati Mahayastra melalui materi pemandangan umum, dan diungkapkan dengan  pantun dan sajak.

Apresiasi dan dukungan  di mulai dari Pemandangan Umum Fraksi PDIP melalui I Putu Gede Pebriantara. Selain menyampaikan pandangan umum fraksi ecara formal, dia pun mengapresiasi kinerja bupati dan wakil bupati dengan pantun, ‘Buah semangka buah duren, tidak menyangka pak Agus keren. Buah nangka buah manggis, tidak menyangka tiyang mula manis. Bli nyoman ke negara negakin sepeda, Paket Aman astungkara dua periode’.

Tak kalah Pemandangan Umum Fraksi Demokrat yang dibacakan Ketua Fraksi Demokrat I Gde Sudiarta. Sudiarta tidak banyak menyampaikan pemandangan umum secara formal, lebih kepada memuji kepemimpinan bupati dengan pantun. Katanya pantun yang disampaikan dipikirkan sejak semalam. ‘Kepantai bolehlah kita berdua, pakai topi lewat ke dermaga. Partai kita bolehlah berbeda, tapi ingat kita tetap bersaudara’.

‘Meli anyar negakin hardtop, ulam cumi bee pindang mesuwun,

Bupati Gianyar memang top, masan pandemi ngidang membangun’.

‘Buah mangga buah durian,

ke Sukawati meli kebasa, saya bangga jadi dewan

bupatinya tetap Agus Mahayastra’.

Khusus Ketua Fraksi Indonesia Raya Ngakan Ketut Putra, usai membacakan Pemandanga Umum Fraksi, membacakan sajak, yang berjuduk “Aku Tahu” . ‘Aku Tahu, Siapa Engkau, Aku Tahu, Aku Tahu, Siapa Engkau, Engkau dilahirkan nun jauh di Gianyar Utara, Aku Tahu, Ketika Engkau menempuh pendidikan di salah satu SMA terkenal di Gianyar, Engkau pernah tinggal kost di salah satu lingkungan di Kelurahan Gianyar, Aku tahu, Engkau mengawali karier politikmu, Engkau mulai dari Anak Ranting, Terus Ranting dan berlanjut ke PAC, Bahkan memimpin salah satu Organisasi Politik terkenal di Kabupaten Gianyar. Aku Tahu, Engkau pernah memimpin lembaga terhormat ini, dan Aku tahu engkau pernah menjadi orang ke dua di Bumi Seni ini, tapi berkat kesabaranmu dan keikhlasanmu akhirnya Engkau terpilih menjadi orang nomor 1 (satu) untuk memimpin Gianyar yang kita cintai ini. Sebagai rasa Banggaku wajar jika Aku memberi julukan kepada Engkau sebagai Bapak Pembangunan Gianyar.

Hari ini aku memberikan ramalan buat Engkau,

Kelak suatu ketika Engkau akan memimpin Organisasi Politik terkenal di Bali, Bahkan Engkau akan menjadi orang nomor 1 (satu) untuk memimpin Rakyat Bali. Untuk itu tunjukkan kesabarannmu kejujuranmu dan keikhlasanmu. 

Hanya Fraksi Golkar melalui anggota, I Made Togog menyampaikan Pemandangan Umum Fraksi tanpa menyertakan pantun atau sajak, tetapi juga menyatakan  menerima ranperda RAPBD 2021 untuk dibahas lebih lanjut, 

Usai sidang, Bupati Mahayastra menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para anggota DPRD yang telah mengapresiasi baik kinerjanya di tengah pandemi ini. Terkai fraksi yang menyampaikan apresiasi dengan pantun dan sajak, Bupati asal Desa Melinggih, Kecamatan Payangan ini menilai sebagai wujud keharmonisan sinergi antara eksekutif dengan  lembaga DPRD. ‘’Mudah-mudahan jalinan sinergi dan kerjasama ini terus terjaga dengan baik,’’ jelasnya.

Proses persidangan disertai penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Setiap peserta wajib pakai masker, cek suhu tubuh, cuci tangan, dan pengaturan jarak. Guna mencegah kerumuman persidangan juga disiarkan langsung melalui teknologi IT zoom meeting atau virtual.

Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dipimpin Bupati Gianyar I Made Mahayastra bersama DPRD Gianyar, paling awal membahas RAPBD Kabupaten Gianyar Tahun 2021, dibandingkan dengan pembahasan materi serupa di kabupaten/kota di Bali. Karena Penyampaian RAPBD merupakan kegiatan sangat urgen, maka langkah cepat bupati ini  pun diapresiasi kalangan anggota DPRD. Sehingga pembahasan Nota RAPBD nanti akan bisa lebih detail, tepat sasaran, terbuka, dan akuntabel.(wir).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *