custom writing help
Distan Gianyar dan BNI 46 Bagi 24 Ribu Kartu Tani - Manggala OnlineManggala Online

Distan Gianyar dan BNI 46 Bagi 24 Ribu Kartu Tani

Bupati I Nyoman Suwirta Serahkan Bantuan Beras bagi KPM PKH
September 29, 2020
Klungkung Terima Bantuan KIO3 dari Badan POM Denpasar
September 29, 2020

Distan Gianyar dan BNI 46 Bagi 24 Ribu Kartu Tani

Gianyar(Manggalaonline)-Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar bekerja sama dengan Bank Nasional Indonesia(BNI) 46 membagikan 24 ribu Kartu Tani, kepada petani se Kabupaten Gianyar. Pembagian Kartu Tani diawali di Desa Puhu, Kecamatan Payangan, Senin(28/9).

Kabid Subak dan Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Gianyar I Nyoman Tri  Budi Hartanto mengatakan, untuk pencetakkan Kartu Tani sepenuhnya merupakan tanggung jawab BNI 46. Pihaknya memfasilitasi data petani yang dikirim oleh subak-subak di Kabupaten Gianyar.

Untuk tahun 2020, Gianyar menargetkan mampu mengeluarkan 27 ribu Kartu Tani kepada petani. Sekarang baru berhasil dicetak dan akan dibagikan sejumlah 24 ribu keping.

Menurut Tri, Kartu Tani berfungsi sebagai Anjungan Tunai Mandiri(ATM), hanya saja Kartu Tani memuat luas lahan petani dan kebutuhan pupuk petani bersangkutan. Diungkapkan, ke depan segala bantuan pemerintah yang akan disalurkan kepada petani akan melalui kartu tani.

Selain itu, dengan Kartu Tani petani akan memiliki rekening di BNI 46. Dengan demikian, petani bisa menambung di BNI 46, dan bisa menarik tabungan melalui Kartu Tani. “Kartu Tani sama dengan ATM. Hanya saja Kartu Tani memuat jumlah luas lahan dan jumlah kebutuhan pupuk petani,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya Kartu Tani ini akan memberikan kepastian penerimaan pupuk petani sesuai kebutuhan. Di samping itu, dipastikan subsidi pupuk tepat sasaran.

Dijelaskan,  penyerahan Kartu Tani sepenuhnya merupakan tanggung jawab BNI 46. Pihaknya hanya mendampingi. Untuk penyerahan awal difokuskan di Kecamatan Payangan, dari 28-7 Oktober 2020. Selanjutnya Kecamatan Sukawati, Blahbatuh, dan kecamatan lainnya. Oktober diharapkan 24 ribu Kartu Tani seluruhnya terbagi. Nopember dan Desember 2020 lagi 3 ribu Kartu Tani, sehingga sampai akhir Desember 2020 sejumlah 27 ribu Kartu Tani sudah diterima petani. “1 Januari 2021 petani yang sudah memiliki Kartu Tani sudah bisa memanfaatkannya. Sedangkan yang belum punya akan diupayakan solusinya, agar selama belum punya Kartu Tani petani bisa terlayani,” ungkapnya.

Dijelaskan, bagi petani yang belum mengajukan Kartu Tani tidak perlu khawatir, karena tiap tahun akan dilakukan update. Petani yang belum bisa mengusulkan kepada kelian subak masing-masing, yang dilanjutkan kepada Dinas Pertanian Gianyar. Untuk tahun 2020, update berakhir Nopember 2020. “Semua petani baik petani pemilik lahan maupun penggarap bisa mengajukan kartu tani,” pungkasnya.(wir).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *