custom writing help
Desa Adat Bedulu Bagikan Bibit Sayur dan Sembako - Manggala OnlineManggala Online

Desa Adat Bedulu Bagikan Bibit Sayur dan Sembako

Dapur Bhayangkari Polres Gianyar Membagikan Takjil dan Nasi Bungkus
May 19, 2020
Toyota Agya Facelift Hadir di Bali Lebih canggih dan modern.
May 27, 2020

Desa Adat Bedulu Bagikan Bibit Sayur dan Sembako

Gianyar(Manggalaonline)-Belasan ribu bibit aneka sayuran dan aneka bumbu dapur, diserahkan Bendesa Adat Bedulu untuk 863 kepala keluarga adat di Desa Adat Bedulu, Selasa (19/5).

Penyerahan bibit sayur mayur dan bumbu dapur oleh Bendesa adat Bedulu, I Gusti Ngurah Made Serana didampingi Ketua Sabha dan Prajuru adat setempat, juga disertai pemberian bantuan paket sembako bagi semua krama adat.

Bendesa Bedulu, I Gusti Ngurah Made Serana yang dijumpai disela sela penyerahan bantuan di Balai Banjar Tengah, Desa Adat  Bedulu, mengakui penyerahan bantuan paket sembako berupa 10 kg beras, satu krat telur ayam dan minyak goreng ini, merupakan tahap kedua setelah pemberian serupa di bulan lalu 

Diungkapkan pula, dalam bantuan yang dimaksudkan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah pandemik Covid-19 saat ini, disertai pemberian bibit sayur mayur dan aneka bumbu dapur kepada semua kepala keluarga.

Khusus bantuan bibit sayur dan bumbu dapur, dijelaskan  Ngurah Serana, merupakan hasil pembibitan kelompok remaja desa adat Bedulu yang dikoordonir Made Muliarsa, warga Banjar Margabingung yang berkolabirasi dengan remaja di kelima banjar yang ada di desa adat Bedulu. Banjar Tengah, Banjar Batulumbang,  Banjar Lebah dan Banjar Goa serta Banjar Margabingung.

Pemberian bibit sayur mayur dan bumbu dapur kepada seluruh krama adat ini, dimaksudkan untuk selingan bagi warganya yang harus tetap tinggal di rumah, terkait sebaran covid-19. “Kami membatu bibit sayur mayur kepada warga, agar  warga di rumah aja,” ujarnya.  

Bantuan bibit sayuran dan bumbu dapur merupakan bantuan para remaja desa adat, hal ini sangat tepat di tengah kebijakan pemerintah dalam penanggulangan sebaran virus Corona, serta kebijakan social distancing serta physical distancing yang mewajibkan setiap orang untuk tetap di rumah.

 Selain menyerahkan bantuan bibit, remaja di desa adatnya juga sangat antusias dalam penanggulangan sebaran Covid-19. Termasuk ikut aktif melakukan penyemprotan disinfektan dan penyemprotan untuk penanggulangan demam berdarah dengue (DBD) yang kini mewabah di berbagai daerah.

Sejak awal sebaran Covid 19, remaja kami di desa adat Bedulu sudah ambil peran. Selain penyemprotan disinfektan dan foging pemberantasan nyamuk, juga sempat membagikan masker secara swadaya disamping melakukan kebersihan lingkungan sampai menjaga wilayah, guna menangkal adanya gerombolan orang maupun kunjungan tanpa tujuan yang jelas. “Untuk yang terakhir ini, sudah diawali koordinasi dengan Satgas gotong royong desa adat, ” jelas Bendesa Bedulu yang juga anggota DPRD Gianyar ini  

Ketua LPD Bedulu, Anak Agung Putra Adhi Parwatha, SE.,  disela sela penyerahan bantuan paket sembako, mengakui dana anggarannya memanfaatkan dana sosial, setelah melalui kajian dan pembahasan dengan pengawas yang dipimpin bendesa adat. 

Tanpa menguraikan besaran anggaran dari pengadaan paket sembako bagi seluruh warga desa adat yang tersebar di lima banjar adat, Anak Agung Putra Ady Parwatha, mengaku prihatin dengan kondisi akibat pendemik Covid -19. Karena itu diharapkan musibah yang telah mewabah di lima benua di dunia segera berakhir, sehingga kehidupan sosial serta aktivitas warga kembali pulih sedia kala.(wir).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *