custom writing help
Rumah Sondol Ludes Terbakar Karena Kosleting Listrik - Manggala OnlineManggala Online

Rumah Sondol Ludes Terbakar Karena Kosleting Listrik

Bekraf Tetapkan Gianyar Sebagai Kabupaten Kreatif Berdaya Tarik Global
October 20, 2019
Realisasikan Janji Kampanye, I Nyoman Kandel Bantu Masyarakat 70 Paket Sembako
October 20, 2019

Rumah Sondol Ludes Terbakar Karena Kosleting Listrik

Gianyar(Manggalaonline)-Rumah I Ketut Sondol, 55 tahun, di Banjar Tengipis, Desa Buahan Kaja, Kecamatan Payangan, Gianyar, ludes terbakar Selasa(15/10), pukul 01.00 wita. Rumah yang berukuran 4 meter kali 10 meter tersebut ludes dalam hitungan jam. Diduga karena kosleting arus listrik.

Api muncul di kamar nomor 2 dari timur. Karena penghuni dalam keadaan lelap tertidur, api diketahui sudah membesar. Melihat api yang berkobar cukup besar, I Ketut Sondol menyuruh seorang keluarganya melapor ke Kelian Dinas untuk memukul kentongan tanda bahaya(kulkul bulus). Begitu kulkul bulus brrbunyi, seluruh masyarakat Banjar Tengipis membantu memadamkan api dengan cara manual, dengan mengandalkan stok air minum di bak keluarga dan tetangga,

“Kami kesulitan air. Air minum swadaya biasa dimanfaatkan warga untuk air minum debitnya mengecl. Ditambah air irigasi subak tidak mengalir karena ada proyek,” ujarnya.

Kekurangan  air minta stok air minum tetangga untuk memadamkan api, sehingga mampu memadamkan api dengan cepat. Kalau tidak ada bantuan air tetangga kebakaran akan menyebar ke rumah lain. Karena di lokasi kebakaran rumah berdesakan dan di sebelah selatan rumah terbakar, berdekatan dengan sanggah. “Saya bersyukur kebakaran tidak merebet ke bangunan lain,” ujarnya.

Untuk mengatasi kebakaran tersebut tidak menelpon Pemadam Kebakaran. Karena, lokasi jauh di desa. Untuk sampai di lokasi membutuhkan waktu paling tidak saju jam. Jika menunggu pemadam mungkin semua rumah habis.

Diungkapkan, harta benda yang terbakar adalah STNK sepeda motor, Ijazah,  uang Rp 5 juta, bisa diselamatkan 3 juta, beras 150 kg, pakaian keluarga dan barang elektronik. 

Diungkan, api diduga bersumber dari aliran arus pendek listrik. Karena sebelumnya di tempat muncul api pertama ada kabel listrik yang sering berbunyi seperti ada sambungan yang tidak sempurna. 

Diungkapkan, bangunan rangka atas seluruh terbakar. Kerugian mencapai 70 juta. Karena kebakaran itu, segera melakukan upacara pecaruan di rumah tersebut, dan segera akan dilakukan perbaikan. Setelah diperbaiki, baru dilaksanakan upacara nguripang, sehingga bangunan itu bisa difungsikan kembali.(wir).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *