custom writing help
Berkat Arang AA Putri Asrini Raih Penghargaan Silpakara Nugraha - Manggala OnlineManggala Online

Berkat Arang AA Putri Asrini Raih Penghargaan Silpakara Nugraha

Gubernur Siapkan Pendidikan Antikorupsi Berbasis Kearifan Lokal Bali
August 21, 2019
“Lounching E-Retribusi” Bank BPD Bali dan BI Kerja Sama dengan Pemkab. Jembrana
August 21, 2019

Berkat Arang AA Putri Asrini Raih Penghargaan Silpakara Nugraha

Gianyar(Manggalaonline)-Anak Agung Putri Asrini pemrakarsa pembuatan dan pengolahan arang bambu aktif dari Banjar Timbul, Desa Pupuan, Kecamatan Tegallalang, Gianyar diganjar penghargaan Silpakara Nugraha katagori Kreativitas danInovasi Masyarakat di bidang IPTEK dari pemerintah Provinsi Bali untuk tahun 2019.

Penghargaandiserahkanlangsungoleh Gubernur Bali I Wayan Koster bertepatan dengan HUT ke-61 Pemerintah Provinsi Bali di Lapangan Puputan Niti Mandala Renon Denpasar, Rabu (14/8).

Silpakara Nugraha merupakan penghargaan untuk memotivasi dan meningkatkan kreativitas masyarakat Bali dalam berbagai bidang. Dimana karyanya turut serta mendorong perkembangan sektor pembangunan ekonomi, kesehatan, pariwisata danbudaya, maupun sosial masyarakat.

KeberhasilanperempuanasalDesaPupuanini meraih penghargaan Silpakara Nugraha 2019 setelah melalui beberapa tahapan seleksi. Mulanya dilakukan seleksi administrasimelaluipengajuan proposal yang difasilitasiBappedadanLitbangKabupatenGianyar. Selanjutnya, dilakukanpemaparan di depantimjuri yang dilaksanakan di kantorBappedaLitbangProvinsi Bali danterakhir verifikasi lapangan.

Terkaitkreativitasdan inovasi yang dilakukan ibu yang kesehariannyadisapaAgungPutriinidilakukan sejak tahun 2007, yakni mengelola usahapembuatandanpengolahanarangaktifdaribambu. Arang bambu aktif yang dihasilkandari proses pembakarankhususini dapat digunakan untuk  berbagaiproduksepertiuntuk pemurnian udara, penyerapbau, bahan cosmetic, campuranmakanandanobat. Hasil produksinyasudahbanyakdiserapolehpasarlokalmaupun regional dansalahsatuhasilproduksi yang banyakdiminatiadalahsabunarang yang bagusuntukkesehatankulit.(wir).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *