custom writing help
Pemkot Denpasar Launching Aplikasi E-Checking - Manggala OnlineManggala Online

Pemkot Denpasar Launching Aplikasi E-Checking

Komisi II DPR RI Apresiasi Program Terobosan Gubernur Koster
July 30, 2019
Wujudkan Teamwork Solid, Bupati Gianyar Ajak Pejabat Outbound
July 30, 2019

Pemkot Denpasar Launching Aplikasi E-Checking

Denpasar(Manggala)- Hari Koperasi Nasional diperingati insan koperasi Indonesia setiap 12 Juli, tak terkecuali di Kota Denpasar. Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 di Kota Denpasar berlangsung semarak yang juga dirangkaikan dengan Peringatan Hari Koperasi Nasional Tingkat Provinsi Bali serta Launching Aplikasi E-Checking yang dipusatkan di Taman Kota Lumintang Denpasar, Sabtu (27/7).

Peringatan tahun ini dirasa istimewa atas kehadiran Menteri Koperasi dan UKM RI, AA Gede Ngurah Puspayoga beserta jajaran. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra, Sekda Kota Denpasar AAN. Rai Iswara, jajaran Forkompinda Provinsi, Kota dan Kabupaten se-Bali, serta ribuan pengurus dan manajemen Koperasi se-Bali.

Menkop UKM RI, AA Gede Ngurah Puspayoga saat diwawancarai usai kegiatan menjelaskan bahwa adapun peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 Tahun 2019 mengangkat tema ‘Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0’. Dimana, melalui tema besar ini diharapkan mampu memberikan perubahan yang produktif terhadap pengelolaan koperasi. “Presiden RI menaruh perhatian besar terhadap kemajuan koperasi di Indonesia, dimana hal ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menciptakan kesejahteraan rakyat sesuai dengan prinsip koperasi yang memberikan kesejahteraan bagi anggota,” ujar Puspayoga

Lebih lanjut dijelaskan, memasuki era revolusi industri 4.0 ini seluruh elemen bangsa termasuk koperasi harus melek terhadap kemajuan teknologi. Namun demikian hal tersebut harus diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia yang kompeten. Termasuk Aplikasi E-Checking yang baru saja dilaunching oleh Pemkot Denpasar ini. Dimana, hal ini sebagai bentuk digitalisasi dan wujud inovasi dalam mendukung kemajuan koperasi di era revolusi industri 4.0. “Semua harus menggunakan teknologi dengan terus meningkatkan kualitas SDM yang kompeten dalam menggunakan teknologi,” paparnya

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kadis Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena mengatakan bahwa koperasi di era revolusi industri 4.0 akan menghadapi tantangan yang lebih berat. Pesatnya perkembangan digitalisasi harus didukung oleh kulaitas SDM yang mumpuni. “Koperasi harus terus tumbuh dan mengikuti arus digitalisasi untuk dapat bergerak dan berinovasi dalam memberikan kesejahteraan rakyat,” ujar Rai Mantra.

Lebih lanjut Erwin Suryadarma Sena menjelaskan bahwa E-Checking merupakan sebuah inovasi dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang profil nasabah. Hal ini tentunya memberikan kemudahan dalam menginventarisasi serta melaksanakan monitoring terhadap aktivitas nasabah, khususnya dalam lingkup koperasi. “Nantinya dari aplikasi ini akan menjadi acuan dalam memberikan rekomendasi bagi nasabah untuk pengajuan kredit, serta melihat track record nasabah baik dalam melaksanakan transaksi simpanan/tabungan atau pinjaman/kredit,” ungkapnya.(hum).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *