custom writing help
I Nyoman Kandel Fasilitasi Permasalahan SMPN 3 Payangan - Manggala OnlineManggala Online

I Nyoman Kandel Fasilitasi Permasalahan SMPN 3 Payangan

Jelang Laga Internasional Coki Menghadap Bupati Suwirta
July 30, 2019
Saling Pandang Berujung Tersinggung, Dua Kelompok Buruh Sumba Bentrok
July 30, 2019

I Nyoman Kandel Fasilitasi Permasalahan SMPN 3 Payangan

Gianyar(Manggalaonline)-Caleg PDIP terpilih dari Dapil Payangan-Tegallalang  Nyoman Kandel, S.H., tidak menunggu resmi dilantik, langsung beraksi fasilitasi masyarakat. Sabtu(26/7) hadir dalam rapat Komite SMPN 3 Payangan, untuk memberikan motivasi kepada orang tua siswa bahwa pentingnya mendukung pendidikan kualitas pendidikan anak-anak yang diselenggarakan oleh sekolah. Pada kesempatan itu, I Nyoman Kandel  menghimbau masyarakat Desa Buahan dan Buahan Kaja mendukung kemajuan SMPN 3 Payangan. SMPN 3 Payangan merupakan satu-satunya sekolah SMP paling dekat dengan masyarakat dua desa ini. Dengan sistem zona dalam penerimaan peserta didik baru(PPDB) siswa tamatan SD di Desa Buahan dan Buahan Kaja, tidak ada pilihan lain bersekolah selain di  SMPN 3 Payangan. “Ini sekolah kita. Mari kita dukung SMPN 3 Payangan agar bisa bertambah maju, dan mampu memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak kita,” ajaknya pada RapatKomite yang mengagendakan Penetapan Rencana Kerja Sekolah Tahun Ajaran 2019/2020, di Aula SMPN 3 Payangan, Sabtu(27/7).

Atas fasilitas I Nyoman Kandel, rapat itu dihadiri Kabid Transportasi dan Kasi Angkutan Orang Dishub Gianyar, yang akan memberikan sosialisasi tentang rencana angkutan sekolah di SMPN 3 Payangan. Selain itu, rapat juga dihadiri  Kepala UPT Diknas Kecamatan Payangan, Perbekel, Ketua BPD, Ketua LPM Desa Buahan dan Buahan Kaja, anggota Komite dan orang tua siswa.

Tokoh masyarakat yang sekaligus caleg terpilih I Nyoman Kandel diundang secara khusus, karena dinilai berkomitmen memfasilitasi berbagai permasalahan yang dihadapai SMPN 3 Payangan, selama ini.

Dengan mandate dan kepercayaan masyarakat yang telah diberikan kepadanya, Kandel menegaskan,  pihaknya komitmen memfasilitasi kebutuhan masyarakat, baik infrastruktur maupun bidang pendidikan. Untuk menyerap aspirasi pembangunan, pihaknya tidak hanya hadir di rapat Komite Sekolah,namun juga hadir pada musyawarah-musyawarah desa. Hal ini agar aspirasi bisa didengar secara lngsung, di samping untuk mensinergikan program desa, dengan program-program pemerintah nantinya.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan di SMPN 3 Payangan, dia juga telah memfasilitasi Komite dengan pejabat berwenang untuk mendapatkan program sekolah yang menjadi kebutuhan mendesak. Seperti, soal banyaknya guru honor sekolah di SMPN 3 Payangan yang selama ini membebani sumbangan orang tua,  akan diuppayakan dengan mengangkat guru tidak tetap(GTT), sehingga beban dana bos tidak terkuras untuk honor guru. Terkait persoalan angkutan siswa, pihaknya telah memfasilitasi untuk memprogramkan angkutan sekolah gratis, dari Dinas Perhubungan Kabupaten Ganyar. Demikian juga soal penyelesaian Labolatorium SMPN 3 Payangan, diusulkan ke Dinas Pendidikan. Bahkan, kekurangan biaya untuk les dan kegiatan-kegiatan kesiswaan lainnya, dia juga telah melakukan pendekatan dengan Perbekel Buahan dan BuahanKaja, sehingga bisa membantu warganya masing-masing dalam memajukan pendidikan anak-anaknya. “Saya kira semua masyarakat Desa Buahan dan Buahan Kaja berkeinginan memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak. Karena itu, mari kita bersatu majukan SMPN 3 Payangan, yang kita dirikan dengan usaha dan perjuangan melelahkan.

Plt. Kepala UPT Diknas Kecamatan Payangan I Wayan Sila mengatakan, untuk mendukung proses belajar mengajar di SMPN 3 Payangan pihaknya telah memprogramkan penyelesaian labolatorium SMP dan perlengkapannya, dengan diselesaikan labolatorium ini dihrapkan nanti bisa digunakan untuk proses pendidikan bagi siswa. Terkait masih kekurangan guru, katanya Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar telah merencanakan mengangkat GTT untuk SMPN 3 Payangan. Sila juga berharap, selain program dan pembiayaan dari pemerintah, diharapkan pula dukungankerjasama dari masyarakat. “Mari kita bagun SDM kita dengan memberikan pendidikan yang baik bagi anak,” ajaknya.

Ketua Komite Sekolah SMPN 3 Payangan I Wayan Darmawan mengungkapkan, sebagai sekolah yang relative baru berdiri, masih banyak masalah yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Namun demikian, poihaknya berharap kepada orang tua siswa, jangan ragu-ragu turut membantu dalam memajukan pendidikan. “Ini anak-anak kita. Masa depan mereka tergantung kualitas pendidikan yang mereka terima,” harapnya.

Darmawan juga berterima kasih kepada I Nyoman Kandel yang telah banyak memfasilitasi untuk mengatasi permasalahan di SMPN 3 Payangan. Harapannya, hal yang sudah dilakukan terus dilanjutkan membatu berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat. “Saya berterima kasih kepada Pak Nyoman yang telah banyak memfasilitasi kami,” katanya.

Hal sama juga diungkapkan Plt Kepala SMPN 3 Payangan, Luh Sri Taman, jika semua usulan yang dimohon oleh SMPN 3 berhasil dibantu Pemkab Gianyar, sebagian beban permasalahan yang dihadapi selama ini bisa diatasi. Dengan demikian, SMPN 3 akan terus bisa mengembangkan prestasi siswa baik akademis maupun non akademis.(wir).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *