custom writing help
Disdik Himbau Orang Tua Siswa Sahkan Foto Copi KK dan Akta di Sekolah - Manggala OnlineManggala Online

Disdik Himbau Orang Tua Siswa Sahkan Foto Copi KK dan Akta di Sekolah

Festival Yeh Gangga 2019 Bupati Tabanan Cicipi Timbungan Ikan Terpanjang di Dunia
June 25, 2019
Pemda Gianyar Gelontorkan Rp 75 Milyar untuk Perumda
June 25, 2019

Disdik Himbau Orang Tua Siswa Sahkan Foto Copi KK dan Akta di Sekolah

Gianyar(Manggalaonline)-Membludaknya orang tua siswa yang anaknya mencari sekolah baru ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil(Disdukcapil) Gianyar menjadi pemandangan rutin setiap tahun. Kadatangan  orang tua siswa ke Disdukcapil untuk mengurus administrasi kependudukan bagi anaknya. Seperti mengurus Kartu Indentitas Anak (KIA), mengurus Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga(KK).

Plt Kepala Dinas Pendidikan Gianyar I Wayan Sadra, mengatakan, untuk mengantisipasi orang tua siswa datang ke Disdukcapil hanya untuk mengesahkan foto copi Akta Kelahiran atau Kartu Keluarga, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kadisdukcapil Gianyar. Hasil koordinasi Disdukcapil mengijinkan  pengesahan foto copi Akta Kelahiran dan foto copi Kartu Keluarga, bisa dilaksanakan di sekolah masing-masing  sekolah oleh kepala sekolah, sepanjang untuk memenuhi persyaratan untuk masuk sekolah.

Untuk itu, pihaknya menghimbau seluruh kepala sekolah di Kabupaten Gianyar agar mengesahkan foto copi Akta Kelahiran dan foto copi Kartu Keluarga dinsekolah. Hal ini untuk memberikan keringanan bagi orang tua siswa, sehingga tidak harus bolak-balik hanya untuk urusan mengesahkan foto copi Akta dan foto copi Kartu Keluarga.

Menurut Sadra, pihaknya pasti mengambil kebijakan yang paling meringankan bagi orang tua siswa, sehingga orang tua siswa tidak merasa terbebani hanya karena urusan anak mencari sekolah. “Kalau bisa dimudahkan, pasti saya lakukan. Ini untuk kemudahan orang tua menyekolahkan anaknya,” katanya.

Diungkapkan, walau pengesahan foto copi Akta Kelahiran dan foto copi Kartu Keluarga, tidak bayar, namun untuk  ke Gianyar membutuhkan biaya dan waktu. “Kalau bisa disahkan di sekolah, orang tua siswa bisa memanfaatkan waktunya untuk bekerja, mencari biaya pendidikan anaknya, ” ujarnya.

Pantauan Manggala di Disdukcapil Gianyar, Selasa(25/6), yang paling banyak datang ke Disdukcapil adalah orang tua siswa mengurus pengesahan foto kopi Akta dan foto Kartu Keluarga sebagai persyaratan mendaftar di sekolah baru. Ada yang anaknya baru masuk TK, SD dan SMP, bahkan SMA.

Sementara itu Kadisdukcapil Gianyar Putu Gede Bayangkara mengungkapkan, mulai April –Juli setiap tahun pelayanan Disdukcapil mulai padat. Pada bulan-bulan ini, banyak masyarakat mengurus berbagai kelengkapan administrasi kependudukan untuk keperluan melanjutkan sekolah, melamar kerja dan lainnya.

Katanya, soal pelayanan tidak ada masalah. Karena, sekarang selain dilakukan pelayanan di Kantor Disdukcapil, pihaknya juga melakukan pelayanan jemput bola. Hanya kadang-kadang yang menjadi hambatan adalah soal material. Seperti, blangko dan tinta pencetak.

Terkait pengesahan foto copi Akta Kelahiran dan Kartu Kleuarga bagi anak masuk sekolah, sepanjang itu memang tugas kami akan kami laksanakan.  Sebagai tugas pelayanan, pihaknya berupaya memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat. Untuk itu, pihaknya mengerahkan pegawai all out untuk memberikan layanan kepada masyarakat. “Yah, namanya tugas harus dilaksanakan sebaik-baiknya demi pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Diharapkan, setiap masyarakat harus mengurus segera segala kebutuhan untuk tertib  administrasi kependudukan. Karena, dokumen kependudukan selalu menjadi kebutuhan jika melanjutkan sekolah, cari kerja, dan lainnya. Jangan sampai saat kebutuhan baru mengurus.(wir).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *