custom writing help
Polsek Payangan Gotong Royong Bersih-bersih Pura - Manggala OnlineManggala Online

Polsek Payangan Gotong Royong Bersih-bersih Pura

Polres Gianyar Antensi Pengamanan Jalur Wisata
June 7, 2019
K3S dan Dinsos Serahkan Bantuan Bibit Babi Betina
June 11, 2019

Polsek Payangan Gotong Royong Bersih-bersih Pura

Gianyar(Manggalaonline)-Untuk menyambut Hari Ulang Tahun(HUT) ke-74 Bhayangkara, 1 Juli 2019, Kepolisian Polsek Payangan mengelar gotong royong aksi bersih-bersih di pura. Hal ini merupakan upaya untuk mendekatkan aparat kepolisian, khususnya personel Polsek Payangan dengan masyarakat.

Serangkaian kegiatan itu, pertama kali dilaksanakan gotong royong aksi bersih-bersih di Pura Puncak Pausan, Jumat(7/6). Kegiatan dipimpin langsung Kapolsek Payangan AKP I Gede Sudyatmaja, S.H., Perbekel Desa Buahan Kaja Drs. I Wayan Wirtama, Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Prangkat Desa Buahan Kaja, Bendesa Pakramaan, Prajuru, masyarakat dan sekaa truna-truni Desa Pakraman Pausan.
Gotong royong dilaksanakan di areal Pura Pucak Pausan, dengan membersihkan lingkungan dari rimbunnya semak-semak, membersihkan areal dari sampah plastik dan sampah organik.
Kapolsek Payangan AKP I Gede Sudyatmaja mengatakan, kegiatan gotong royong aksi bersih-bersih pura ini adalah program Polsek Payangan dalam rangka menyambut HUT ke-74 Bhayangkara, yang jatuh pada 1 Juli 2019. Kegiatan ini sekaligus untuk mendekatkan aparat kepolisian dengan masyarakat.
Dipilih kegiatan bersih-bersih pura, karena pura merupakan tempat suci mesti selalu dalam keadaan bersih. Melalui kegiatan aksi bersih-bersih di pura anggota bisa langsung melakukan persembahyangan, untuk mendoakan agar program-program yang dilaksanakan Polsek Payangan mendapat bimbingan dari Tuhan Yang Maha Esa(Ida Sanghyang Widhi), sehingga bisa terlaksana dengan baik.
Di samping itu, kegiatan ini juga untuk membersihkan areal pura, sehingga pura yang menjadi tempat suci selalu kelihatan bersih dan asri. Dengan demikian, masyarakat yang datang bersembahyang lebih khususk. “Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini kami harapkan polisi dan masyarakat semakin menyatu. Dengan demikian, akan membantu tugas-tugas yang dilaksanakan kepolisian,” katanya.
Dikatakan, kegiatan ini akan berlanjut dilaksanakan setiap hari Jumat, yang menyasar pura-pura yang ada di desa pakraman di seluruh Payangan.
Selain kegiatan gotong royong kebersihan, dalam menyambut HUT ke-74 Bhayangkara, Polsek Payangan akan melaksanakan anjang sana bagi purnawirawan polisi dan Warakuri yang ada di Kecamatan Payangan, memberi bantuan bagi anak-anak kurang mampu dan sembahyang bersama di Padmasana Polsek Payangan. Di samping itu, Polsek Payangan juga mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Polres Gianyar, dalam menyambut HUT ke-74 Bhayangkara 1 Juli 2019.
Bendesa Pakraman Pausan, I Made Misrik menyambut baik pelaksanaan kegiatan gotong royong aksi bersih-bersih di pura ini. Hal ini akan membantu dan memotivasi masyarakat untuk selalu menjaga tempat suci selalu bersih.
Di samping itu, melalui kegiatan seperti ini masyarakat bisa bergaul dengan aparat kepolisian, dengan demikian akan menghilangkan kesan polisi menakutkan bagi masyarakat selama ini.(wir).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *