custom writing help
Polres Gianyar Antensi Pengamanan Jalur Wisata - Manggala OnlineManggala Online

Polres Gianyar Antensi Pengamanan Jalur Wisata

Kapolres Apresiasi Teloransi Umat Beragama di Gianyar
June 7, 2019
Polsek Payangan Gotong Royong Bersih-bersih Pura
June 7, 2019

Polres Gianyar Antensi Pengamanan Jalur Wisata

Gianyar(Manggalaonline)-Gianyar sebagai daerah pariwisata akan didatangi banyak wisatawan domestik selama libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah,2019. Peningkatan kunjungan wisatawan domestik sudah mulai ramai sejak tiga hari lalu. Hal ini membutuhkan atensi khusus dari aparat kepolisian Polres Gianyar.
Kapolres Gianyar AKBP Priyanto Priyo Hutomo mengatakan, seiring peningkatan kunjungan wisatawan domestik pihaknya meningkatkan pengamanan di jalur-jalur lalulintas wisata di wilayah Gianyar. Untuk atensi pengamanan jalur wisata ini pihaknya menambah 350 personel di luar personel dalam operasi ketupat(pengamanan selama Lebaran dan Idul Fitri 1440 Hijriyah, 2019), untuk mengantisipasi kemacetan di jalur-jalur wisata di Gianyar.
Dijelaskan, 350 personel tambahan dan perapata petugas keamanan dikonsentrasikan di beberapa titik jalur wisatawan. Seperti jalur Obyek Wisata Teras Sering, Ceking, Tegallalang, Kawasan Ubud, Sukawati dan Taman Safari. “Obyek wisata ini mulai ramai dikunjungi turis domestik, karenanya jalur ini berpotensi terjadi kemacetan,” ujarnya.
Dijelaskan, 350 personel tambahan ini 150 personel dari Polres Gianyar dan 100 personel dari Polda. Tambahan kekuatan ini untuk menjaga jalur wisata agar tidak macet, karena semakin banyaknya wisatawan domestik yang berwisata ke Gianyar.
Yang paling potensial terjadi kemacetan adalah di Obyek Wisata Ubud,Sukawati, Batubulan dan Tohpati. Ini jalur wisata yang cukup padat. Terlebih nanti, wisatawan yang berkunjung ke Kintamani, Bangli, kembalinya juga lewat jalur ini. “Kami tak ingin turis asing yang kembali terjebak macet. Karena ini kan urusannya dengan jam pesawat terbang. Kami atensi dari jalur Ubud, Sukawati, Batubulan sampai Tohpati,” ujarnya.
Menurutnya, selain penambahan personel, pihaknya juga menempatkan pos pengamanan di 17 titik di jalur padat lalulintas wisatawan. Seperti di Pasar Ubud, Obyek Wisata Monkey Forest, Taman Safari, Teras Sering Ceking dan obyek lainnya.
Diungkapkan, tidak hanya Polres Gianyar yang melaksanakan pengamanan jalur-jalur wisata. Poltabes dan Polres lain juga melakukan yang sama.
Diungkapkan, peningkatan kunjungan wisatawan domestik saat libur Hari Raya Idul Fitri terjadi setiap tahun. Biasanya wisatawan domestic yang datang banyak dari Surabaya, Malang, Jakarta dan wisatawan dari kota-kota lainnya di Jawa. Hal ini karena Bali memang menjadi obyek wisata yang paling diminati. Di samping itu karena dekat. “Kejadian seperti ini terjadi setiap tahun. Jadi kami sudah mempersiapkan dengan baik,” ujarnya.
Ditegaskan, pihaknya selalu siap memberikan pengamanan baik saat hari raya maupun tidak. Terlebih Gianyar sebagai daerah pariwisata, musim-musim libur panjang memang sudah menjadi atensi khusus untuk pengamanan terutama di jalur-jalur wisatawan. “Kami berharap wisatawan bisa menikmati liburnya dengan nyaman, dan saat kembali bisa kembali tepat waktu,” harapnya.(wir).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *