custom writing help
Modus Lamar Pekerjaan, Curi Sepeda Motor di 7 TKP - Manggala OnlineManggala Online

Modus Lamar Pekerjaan, Curi Sepeda Motor di 7 TKP

Hut Satpol Pp Provinsi Bali Dipusatkan di Klungkung
May 7, 2019
Cemburu Buta, Suartama Aniaya Teman Istri Sampai Kritis
May 10, 2019

Modus Lamar Pekerjaan, Curi Sepeda Motor di 7 TKP

Gianyar(Manggalaonline)- Modus pura-pura lamar  pekerjaan Dicky Darma Saputra, 23 tahun, asal Jalan Kelapa Sawit, RT. 03,RW 12, Blok AH, No: 25 Semarang, berhasil mencuri sepeda motor di 7 tempat kejadian perkara (TKP). Hasil curian dijual kepada penadah di Jawa.          Tujuh TKP tersebut ada di Gianyar, Denpasar dan Tabanan.

Aksi pencurian sepeda motor yang dilakukan di sebuah Usaha Pencucian Kendaraan di Banjar Yeh Tengah, Desa Kelusa, Payangan, Gianyar, menyebabkan Dicky Darma Saputra harus diamankan polisi. Di TKP ini, pelaku pura-pura melamar pekerjaan. Setelah diterima dia merencanakan mencuri sepeda motor di tempat pecucian kendaraan tersebut.

Adalah I Wayan Japa, datang ke tempat permandian kendaraan yang ingin mencuci sepeda motor. Sepeda motor dititipkan di tempat pencucian kendaraan tersebut, rencana nantinya akan diambil setelah dicuci. Namun, sebelum dicuci sepeda motor Vario, warna putih, Nopol: DK 6807 KB, itu dibawa kabur oleh pelaku. Akhirnya I Wayan Japa menlaporkan kejadian itu ke Polsek Payangan.

Dari pendalaman kasus di Payangan itu, pelaku Dicky Darma Saputra, menyeret tersangka lain yakni, Lamri, 21, asal Desa Sepanjang, Kecamatan Sepeken, Sumenep, Jatim, sebagai penadah dan Mulyono 29, alamat Jl. Malboro Kertapura 4, Denpasar, sebagai penadah.

Wakapolres Gianyar Kompol Adnan Pandibu,mengatakan, modus pelaku dalam melakukan aksinya, pelaku pura-pura melamar pekerjaan. Setelah diterima, pelaku mencuri sepeda motor di tempat bekerja.

Dijelaskan, kronologi kejadian pada tanggal 11 April 2019, sekitar jam 16.00 wita, pelapor menerima telpon dari adik pelapor yang bernama I Komang Sadu, Banjar Yeh Tengah, Desa Kelusa, Payangan, Gianyar, bahwa,  sepeda motor Vario yang akan dicuci di tempat pencucian kendaraan dicuri. Pelaku kabur  tidak ada di tempat. Pelaku  bekerja baru satu hari di tempat pencucian kendaraan tersebut.

Berdasarkan laporan di Polsek Payangan tersebut, Tim Opnal Polres Gianyar melakukan penyelidikan terhadap kasus pencurian sepeda motor tersebut. Berdasarkan keterangan saksi dan korban, di TKP, akhirnya mencrigai pelaku atas nama Dicky Darma Saputra. Selanjutnya, tim melakukan penyelidikan lebih lanjut. Pada 9 Mei 2019, tim mendapatkan informasi pelaku ada di wilayah Denpasar Barat, dan saat itu pelaku sedang ada di Jalan Kebo Iwa, Denpasar. Berdasarkan informasi itu, tim bergerak mengamankan pelaku. Saat akan diamankan, pelaku melawan. Dan akhirnya pelaku diambil tindakan terukur, dengan menembak kaki pelaku. Dalam pendalaman kasus, berhasil mengungkap pelaku penadah, yakni Lamri dan Mulyono.

 “Dari hasil introgasi, pelaku mengakui telah melakukan pencurian dibeberapa TKP. Sebanyak tujuh TKP yang ada di wilayah Gianyar, Denpasar dan wilayah Tabanan,” ujar Wakapolres.

Adapun TKP dan barang bukti yang diamankan, di Payangan, sepeda motor vario, di Bengkel Las, Jalan Pulau Demak, Denpasar, dengan barang bukti sepeda motor Suzuki Shogun, Honda Vario, dan Yamaha Mio . TKP di wilayah Tabanan barang bukti Yamaha Mio Seul, di TKP Jalan Cargo Denpasar barang bukti Honda Vario Tekno, TKP di Jalan Pulau Roti, Panjer Denpasar barang bukti Honda Scoopy, dan di Bengkel Las Tanaman dengan barang bukti Honda Supra 125.

Selanjutnya tersangka dan barang bukti diamankan di Mapolres Gianyar, untuk proses hukum lebih lanjut.

Pelaku diancam dengan pasal 362 KUHP tentang Curanmor dan Pasal 480 KUHP tentang pertolongan jahat. Pelaku diancam hukuman 5-7 tahun.(wir).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *