custom writing help
Komponen Masyarakat Gianyar Nilai Tata Kelola Polres - Manggala OnlineManggala Online

Komponen Masyarakat Gianyar Nilai Tata Kelola Polres

Disperindag Denpasar Gelar Pasar Murah Jaga Stabilitas Harga di Bulan Ramadhan
May 7, 2019
Hut Satpol Pp Provinsi Bali Dipusatkan di Klungkung
May 7, 2019

Komponen Masyarakat Gianyar Nilai Tata Kelola Polres

Gianyar (Manggalaonline)- Tak kurang dari 40 orang komponen masyarakat Gianyar menilai tata kelola Polres Gianyar, di Aula Mapolres Gianyar, Selasa(7/5). Penilaian itu merupakan bagian dari penilaian kinerja atas indek tata kelola(ITK) Polres Gianyar di mana ITK merupakan landasan yang harus dipenuhi dalam menuju Zona Integritas(ZI).

Penilaian dibuka langsung Wakapolres Gianyar Kompol Adnan Pandibu, dihadiri Tim Penilai ITK dari Lembaga Kemitraan Polri Bidang ITK Lenny Hidayat.

Komponen masyarakat yang turut menilai adalah dari instansi pemerintah, DPRD, Lembaga Swadaya Masyarakat(LSM), Ormas, Tokoh Masyarakat dan dari insan Pers. Penilaian dilakukan dengan sistem online, dan menilai beberapa bidang satuan kerja di lingkungan Polres Gianyar.

Wakapolres Gianyar Adnan Pandibu mengatakan, pihaknya mengandeng independen Kemitraan Polri untuk menilai tata kelola instansi Polres Gianyar. Beberapa waktu lalu, jajaran Polres Gianyar telah melakuan penandatangan Fakta Integritas, di mana merupakan langkah awal dalam menuju ZI, wilayah bebas korupsi(WBK) dan wilayah bersih bebas melayani(WBBM). Kali ini Polres Gianyar dinilai baik oleh internal (personel di Polres Gianyar) dan eksternal (komponen masyarakat Gianyar). “Kami berterima kasih kepada komponen masyarakat yang mau berpartisipasi dalam penilaian ini. Semoga melalui penilaian ini bisa memberikan gambaran sesungguhnya tata kelola di Polres Gianyar,” katanya.

Sementara itu, Lenny Hidayat mengatakan, tata kelola suatu instansi  adalah bagaimana instansi tersebut mengelola input sehingga menghasilkan autput yang memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Katanya, komitmen Polres Gianyar menuju ZI adalah suatu keberanian yang patut diapresiasi. Karena, sebelum mencapai ZI, harus dilakukan penentuan indek tata kelola(ITK). Untuk menuju ZI, nilai tata kelola minimal 7. Dan untuk penilaian ITK ini merupakan kombinasi penilaian internal dengan eksternal. “Penilaian eksternal ini bisa jadi akan menjadi tandingan usaha pencitraan yang dilakukan selama ini. Kami berharap, pencitraan objektif. Hal itu bisa dilihat dari hasil penilaian yang dilakukan pihak eksternal nanti,” ujarnya.

Dijelaskan, ada empat komponen penilaian dalam ITK. Yakni, 1. kompetensi, 2. Keadilan, Akuntabilitas dan responsif. 3. Prilaku dan transparansi. 4. Efektifitas. “ITK ini merupakan syarat menuju ZI,” cetusnya.

Ditegaskan pula, setelah dilakukan penilaian baik dari internal maupun ekternal Polres Gianyar, selanjutnya akan dilakukan penilaian oleh Tim Senyap. Tim ini terdiri dari Ombusman, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi(Kemenpan-RB, KPK dan instansi pemerintah  lain yang berkepentingan terhadap tata kelola instansi yang semakin berkualitas.

Diharapkan, melalui penilaian yang dilakukan ini nantinya bisa menjadi motivasi jajaran di institusi Kepolisian Polres Gianyar dan jajarannya, untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan prima bagi masyarakat sesuai tugas dan tanggung jawabnya.(wir).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *