custom writing help
Bupati Giri Prasta Serahkan Dana Motivasi Ogoh-Ogoh - Manggala OnlineManggala Online

Bupati Giri Prasta Serahkan Dana Motivasi Ogoh-Ogoh

Bupati Tabanan Berbagi Kasih dengan Nenek dan Anak Yatim
February 19, 2019
Bupati Suwirta Serahkan Bantuan Tindaklanjut Bedah Desa Tihingan
February 19, 2019

Bupati Giri Prasta Serahkan Dana Motivasi Ogoh-Ogoh

Mangupura (Manggalaonline)- Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana motivasi pembuatan Ogoh-ogoh dalam rangka menyambut hari suci Nyepi 1941, Minggu (17/2). Turut hadir Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Wakil Ketua DPRD Badung I Made Sunarta, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahtraan Rakyat Badung Ida Bagus Yoga Segara, Inspektur Kab. Badung Luh Suryaniti, dan Kabag Humas Setda Badung Putu Ngurah Thomas Yuniarta.

Kadis Kebudayaan Badung, Ida Bagus Anom Bhasma mengatakan, penyerahan dana motivasi mempunyai misi untuk memperkokoh kerukunan bermasyarakat dalam jalinan keragaman adat, budaya dan agama. Dimana Sekaa Teruna agar bisa selalu bersatu dalam lingkungan berorganisasi, bermasyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Badung.

Ditambahkan, untuk pelestarian seni dan budaya di Kabupaten Badung, Pemkab Badung melalui Dinas Kebudayaan mengadakan Lomba Ogoh-ogoh. Dalam pembuatan Ogoh- ogoh ini tidak diijinkan menggunakan bahan- bahan seperti plastik, stereofoam/gabus dan spon dan tidak boleh bermuatan politik, porno dan nnsur Sara. Untuk kreativitas ogoh-ogoh ini, Pemkab Badung menganggarkan sebesar Rp 24 juta dipotong pajak 15% menjadi Rp 20.400.000 per Sekaa Teruna. “Jumlah Sekaa Teruna di Badung sebanyak 536 Sekaa Teruna, tetapi yang mendapat dana motivasi hanya 535 Sekaa Teruna karena satu Sekaa Teruna tidak membuat Ogoh- ogoh karena terhalang perbaikan Bale Banjar,” jelasnya.

Dalam kegiatan lomba Ogoh- ogoh ini Tim Penilai dari unsur Majelis Madya, Listibya, PHDI, Kementrian Agama dan dari Kasi Sosial masing- masing Kecamatan. Penilaian dimulai tanggal 18 sampai 28 Februari 2019 dimana masing-masing Kecamatam mencari 3 besar dan dilanjutkan penilaian final pada tanggal 1 dan 2 Maret untuk seluruh nominasi 3 besar masing- masing Kecamatan. Untuk mendapatkan Juara 1, 2, 3 dan harapan 1, 2 dan 3 di Kabupaten Badung.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, mengajak generasi muda sebagai generasi millenial untuk ikut membangun dan mengembangkan seni, adat dan Budaya di Kabupaten Badung. Bupati mengimbau untuk Sekaa Teruna dalam pelaksanaan Pengerupukan (Pengarakan Ogoh- ogoh) tidak ada kejadian yang tidak diinginkan, agar Badung seperti tahun lalu nihil dari kejadian apapun. “Jika aman tahun ini, untuk tahun depan dana motivasi akan ditingkatkan menjadi sebesar Rp 40 juta per Sekaa Teruna,” ungkap Giri Prasta. Sementara untuk lomba, ogoh-ogoh sekaa teruna yang masuk nominasi 10 besar mendapat penambahan hadiah bonus dari Pribadi Bupati Giri Prasta masing-masing mendapakan Rp 5 juta.

Diimbau pula kepada seluruh Sekaa Teruna tidak boleh minum-minuman keras atau Mabuk-mabukan di jalan, jauhi Narkoba dan Narkotika, serta hindari Seks Bebas. Ada catatan yang disampaikan buat Sekaa Teruna Badung harus menjadi tuan dirumhnya sendiri dan kedepan di tahun 2020, Bupati memiliki gagasan tentang perekrutan pegawai di Kabupaten Badung dari sekaa teruna dimasing-masing Banjar dan Desa Adat untuk menjadi Pegawai Pemerintah. “Sekaa teruna yang direkrut ini akan memiliki tugas untuk memajukan desa wisata dimasing-masing wilahnya. Kaitannya dengan program ini kami akan memberikan pelatihan dan kecakapan tentang bahasa asing serta pelatihan di bidang lainnya sebagai sarana promosi wisata,” jelasnya.

Ditambahkan, untuk Sekaa Teruna telah ada program pendidikan untuk Sekaa yaitu biasiswa kuliah keluar Negeri. Ada pula program- program lain seperti Wifi gratis dari Ujung Selatan Badung sampai Ujung Utara Kabupaten Badung. Swlain itu, Badung juga akan memiliki Panggung Pemuda Budaya terbesar. Ada puls program dana sebesar Rp 50 juta bagi Sekaa Teruna yang mengadakan kegiatan tournamen. “Kami ingin membentuk forum Sekaa Teruna Badung, Pengurus Peguyuban Sekaa Teruna Badung (Saba Yowana Badung), kecamatan (Saba Yowana Kecamatan) dan Desa (Saba Yowana Desa),” tambahnya.(wan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *