custom writing help
Gianyar Berpartisipasi Dalam BFSHF - Manggala OnlineManggala Online

Gianyar Berpartisipasi Dalam BFSHF

Tidak Memiliki Sumber Air Pengusul PamsimasTereliminasi
October 8, 2018
Sat Reskrim Gianyar Ringkus Spesialis Pencuri Pickup
October 9, 2018

Gianyar Berpartisipasi Dalam BFSHF

Gianyar(Manggalaonline)-Dinas Ketahanan Pangan Kelautan Dan Perikanan (DKPKP) Kabupaten Gianyar, ambil bagian dalam Bali Festival Safety Healthy Food (BFSHF)dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (5-7 Oktober) di Lapangan Timur Monumen Bajra Sandi, Denpasar.

BFSHF banyak mengundang pelaku usaha agribisnis olahan hasil pertanian baik binaan masing-masing  istansi di kabupaten/kota se-Bali. Kadis DKPKP Kab. Gianyar Ir. IGA Dewi Hariani, M.Si., mengatakan, festival ini bertujuan  memperkenalkan berbagai produk lokal unggulan di masing-masing kabupaten juga ingin mengurangi ketergantungan terhadap pasokan pangan dari luar daerah maupun luar negeri yang belum tentu sehat dikonsumsi.

Untuk pameran  katanya, Gianyar mengikutsertakan beberapa pelaku usaha agribisnis, diantaranya, Kawasan Mandiri Pangan (KMP) Br. Let Desa Taro Kecamatan Tegallalang, Kawan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Jempiring Desa Bresela Payangan, KRPL Dwi Tunggal Putri, Br. Let Desa Taro Tegallalang, KRPL Abian Sari Desa Manukaya Tampaksiring, PKK Br. Pekandelan Bedulu dan beberapa pengusaha skala rumah tangga Kab. Gianyar.

Tidak hanya itu, Kabupaten Gianyar juga  ikut dalam beberapa lomba. Seperti, lomba mengolah pangan sehat dan aman serta menyajikan buah ala hotel. Gianyar diwakili  SMK Ratna Warta Ubud dan SMK Tampaksiring. Untuk Gerakan pangan lokal diikuti PKK dan KWT Kab/Kota se-Bali. Gianyar mendaapat juara Harapan I dengan penampilkan peserta dari Kelompok Pengolah dan Pemasaran (poklasar) Putra samudra 1 Desa Lebih. Sedangkan untuk lomba Stand Pameran yang juga diikuti juga Kab/kota se-Bali, Gianyar berhasil meraih juara I.

Dari  kegiatan yang dilakukan pada Hari Pangan Sedunia di Lapangan Bajra Sandi Renon, Denpasar, Pemkab. Gianyar melalui DKPKP sudah mensosialisasikan sejak dulu. Seperti, mensosialisaasikan makan buah bahkan sampai ke masing-masing OPD, gerakan makan ikan untuk tingkat SD memlalui beberapa kegiatan yang menarik seperti lomba menangkap ikan,  dan lain-lainnya.

“ Kami berusaha mensosialisasikan program hidup sehat melalui kegiatan gemarikan dan berusaha mengedukasi masyarakat untuk mulai memanfaatkan pangan lokal yang tentu lebih sehat,” katanya.(wir).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *